Tuesday, October 24, 2017

5 Alasan Harus Eksplor Gili Air, Tempat Wisata di Lombok yang Memukau

gili air saltinourhaircom.jpg
Gambar: saltinourhair.com
Sudah pernah ke Gili Air di Lombok?

Kalaupun belum, saya yakin sebagian besar teman-teman pernah dengar namanya.

Tapi kalau belum pernah dengar juga, supaya teman-teman tahu, Gili Air adalah salah satu dari The Three Gilis alias tiga gili terkenal yang ada di sebelah barat laut pulau Lombok, provinsi Nusa Tenggara Barat. Dua gili lainnya adalah Gili Meno dan Gili Trawangan yang sudah jauh lebih populer.

Jika berkesempatan mengunjungi Lombok, sempatkan beberapa hari untuk eksplor Gili Air. Percaya nggak kalau saya bilang sebagian besar teman-teman saya yang orang Australia pernah ke sana? Yep, that's no lie.

Ini dia lima alasan mengapa teman-teman harus pilih Gili Air sebagai destinasi berikutnya dalam daftar traveling kalian:

Saturday, June 10, 2017

Ramadan Mubarak!



Ramadan mubarak, dear friends!

Alhamdulillah bisa ketemu lagi dengan ramadan, time surely flies. Ini adalah ramadan pertama kami di Australia. Saat ini sedang musim dingin, suhu berkisar nol (kalau malam malah sampai minus) sampai 15 derajat (suhu tertinggi di siang hari).

Mulai subuh sekitar jam setengah enam dan maghribnya jam lima lebih beberapa menit. Jadi kurang lebih kami puasa selama 11 jam 30 menit, lebih pendek dari Indonesia. Lama puasa si Australia adalah yang ke dua terpendek, setelah Chile di Amerika Selatan sana.

Terus terang, hawa dingin dan waktu puasa yang lebih pendek adalah dua hal yang sangat saya syukuri soalnya kadar keimanan saya yabeginideh. Puasa terasa sangat nyaman dan banyak dimudahkan.

Apalagi kalau ingat puasa di Indonesia, kayanya kita semua pasti pernah mengalami puasa pas hawa lagi panas-panasnya, trus siang-siang harus keluar rumah naik angkot, pakai acara jalan kaki di bawah terik matahari, sampai rumah nyalain tv trus ada iklan sirup berwarna merah menggoda yang disajikan dalam gelas tinggi dengan es batu. Duhh gusti...

Meski sudah sangat dimudahkan dalam menjalankan puasa, tetap aja ada tantangannya. Buat saya tantangan terbesar saya selama sampai hari ke 15 ini adalah... bangun sahur! Suhu udara yang dingin membuat malas sekali rasanya meninggalkan ranjang dan selimut nan hangat untuk menyiapkan makan sahur, padahal cuma tinggal memanaskan makanan.

Ah, dasar manusia...

Tuesday, April 25, 2017

Lukisan Abstrak: DIY project mudah yang menyenangkan

Lukisan Abstrak di Ruang Tamu

Beberapa waktu belakangan, saya punya aktivitas baru untuk mengisi waktu luang. Yaitu melukis.

Awalnya sebetulnya iseng saja, di apartemen yang kami sewa kebetulan ada beberapa hook/ kaitan yang dulu dipasang oleh si pemilik apartemen untuk menggantung foto-foto dan lukisan koleksinya. Kalau hook ini dibiarkan kosong dan tidak dimanfaatkan, jadinya mengganggu pemandangan di ruang tamu. Makanya saya dan suami berpikiran untuk cari lukisan atau wall art murah yang bisa dipajang di dinding.

Dimulailah perburuan wall art di beberapa garage sale.. ngga ada yang sesuai selera. Cari di sunday market, nemu banyak lukisan abstrak yang bagus. Tapi kok harganya luar biasa mahal ya.. yang paling murah mulai dari AU$100, itupun ukurannya kecil. Dasar kami memang bukan penggemar seni, yang ada di kepala kami waktu itu adalah 'dih, apa susahnya bikin lukisan coret-coret begini? Anak kecil juga bisa.'
Lalu suami saya bilang, "mau ngga bikin sendiri? Kamu kan suka diy-diy gitu, nanti kita beli kanvas sama cat."

Thursday, December 29, 2016

Free Printable: 2017 Blogging Goals + Resolutions

Free Printable 2017 Blogging Goals + Resolutions


Time flies. Nggak terasa ya, tiba-tiba sebentar lagi sudah tahun 2017. Siapa yang sudah bikin resolusi tahun baru?

Salah satu resolusi tahun baru saya adalah blogging lebih rajin dan lebih serius *crossing fingers*. Dan karena saya anaknya apa-apa mesti dicatat (di kertas, bukan pakai gadget), saya jadi punya alasan untuk bikin printable Blogging Goals saya di tahun 2017 hehehe.

Harapannya, kalau ditulis di selembar kertas nan cantik, saya bisa tempel di tempat yang sering terlihat. Trus inget dan jadi semangat, oiya blognya harus diisi, oiya akun sosmed mesti diupdate, dsb, dsb.

Printables ini saya buat ukuran A4 dalam dua versi, Blogging Goals untuk target buat The Mint Suitcase sepanjang tahun 2017, dan Resolutions untuk rencana-rencana lain yang nggak terkait dengan blogging. Saya buat warna boxnya abu-abu, karena bingung mau pakai warna apa hahaha *harap maklum bukan desainer grafis :p*

Sebetulnya pengen juga bikin versi lain dengan warna box yang berbeda. Ada ide?





*Printables designed by Cey @ The Mint Suitcase. Watercolor graphics used in the printables designed by Freepik.
  


Monday, December 26, 2016

Bahasa Slang à la Aussies


Kurang afdhol rasanya, tinggal di Australia tanpa belajar menggunakan kosakata yang biasa diucapkan sehari-hari oleh orang lokal. Meskipun juga menggunakan bahasa Inggris, Australia ternyata punya banyak kosakata slang yang berbeda dengan yang biasa dipakai di Amerika atau Inggris.

Apa aja sih kosakata khas yang saya temui di negeri koala? Ini dia:
© The Mint Suitcase
Maira Gall