Saturday, June 20, 2015

Bumbu Dasar Merah


Hola!

Hari ke-3 puasa nih.. Semoga lancar puasanya sampai Idul Fitri nanti ya. As in me, saya belum ikutan puasa karena dapet 'tamu' bulanannya pas banget H-1 Ramadhan. Padahal udah pulang kantor tenggo cepet-cepetan dengan rencana mau tarawih eehh pas maghrib tamunya datang. Hiks hiks.. Sedih. Biasanya kalau nggak dapat kepalanya nggak dapat sholat hari raya juga :(

Anyhoo, kali ini mau share resep yang mungkin bisa sedikit meringankan beban masak di bulan puasa. Pengennya kan kita mengoptimalkan waktu ramadhan ya, jadi kalau bisa jangan sampai aktivitas di dapur malah menyita waktu yang otherwise bisa dipakai ibadah dsb dsb.


Salah satu siasat untuk mengurangi waktu masak adalah dengan membuat bumbu dasar. Bumbu ini kalau cara masak dan menyimpannya benar, bisa tahan di kulkas sampai 3 bulan. Jadi setiap kali mau masak, tinggal ambil beberapa sendok bumbu, tambahkan dedaunan macam daun salam, daun jeruk atau pun serai. Masukin bahan, masak bentar. Taraa.. jadi deh! Nggak ada lagi cerita ngantuk-ngantuk nyiapin bumbu from scratch, hemat waktu, dan pastinya lebih terjamin sehat karena bebas pengawet dan kita tau kualitas bahan-bahan yang dipakai.

Now before I proceed to the recipe, I have a confession to make. Trik bumbu dasar ini nggak cuma saya pakai pas bulan puasa, tapi dipakai sehari-hari juga hehehe. Saya selalu menyiapkan stok bumbu dasar di kulkas jadi pas mau masak nggak ribet ngeracik bumbu. Praktis!

Bumbu Dasar Merah
(Resep dari buku "Sajian Bumbu Dasar Merah: Olahan Istimewa" oleh Sisca Soewitomo")
untuk 700 gram

Bahan:
- 500 gram cabe merah besar (saya campur cabe merah dengan cabe keriting)
- 200 gram bawang merah
- 150 gram bawang putih
- 2 sdt garam (saya nggak pakai)
- 1 sdt merica bubuk
- 2 sdm terasi goreng
- 150 ml air
- 100 ml minyak goreng
- daun salam, daun jeruk, batang serai, jahe dan lengkuas (khusus jahe dan lengkuas saya nggak pakai)

Cara membuat:

  • Siapkan blender, masukkan cabe, bawang merah, bawang putih, garam, merica, terasi dan air, haluskan.
  • Masak bumbu bersama daun salam, daun jeruk, serai, jahe dan lengkuas hingga airnya habis.
  • Masukkan minyak goreng dan masak hingga bumbu matang dan harum, angkat. Hilangkan uap panasnya, masukkan dalam wadah bersih, tutup rapat dan simpan dalam kulkas.


A little note:
Pastikan untuk memasak bumbu yang sudah diblender hingga airnya berkurang sebelum menambahkan minyak goreng. Kandungan air yang masih banyak bisa membuat minyak meletus-letus dan bumbu nyiprat kemana-mana. Nggak mau kan nambah kerjaan bersih-bersih dapur yang penuh cipratan bumbu merah?

Dari hasil browsing, air bisa juga digantikan dengan minyak. Jadi langsung masukkan minyaknya ke dalam blender. Tapi berarti harusnya takaran minyak untuk menumisnya jadi berkurang atau tidak ada tambahan minyak sama sekali. Aku belum pernah coba cara ini sih.. Kalau ada diantara teman-teman yang buat bumbu dasarnya pakai cara ini, please share yaa...

No comments

Post a Comment

© The Mint Suitcase
Maira Gall