Thursday, July 21, 2016

5 Template Blogger Minimalis (Gratis!)


Sebelum akhirnya settle down dengan tampilan blog yang sekarang, saya menghabiskan berpuluh jam meng-customise Simple Template bawaan Blogger bermodal tutorial html+css dari berbagai sumber. Bisa dibilang, saya menghabiskan lebih banyak waktu untuk DIY (do it yourself) desain blog daripada bikin konten.. ahaha.

Baru akhir-akhir ini saya beralih ke template siap pakai dan meninggalkan proyek DIY. Gara-garanya, saya mau template yang responsif alias terlihat bagus di semua device. Kalau masih pakai template bawaan blogger (meskipun sudah dioprek-oprek), maka tampilan blog ketika dibuka via hp jadi kurang menarik. No matter how persistent I am in teaching myself html+css, this responsive design thingy is just waaay beyond my capacity.

Dalam pencarian akan template blogger yang responsif di Pinterest, saya menemukan beberapa yang sesuai selera. Kriterianya: dua kolom, desain simpel minimalis, dan yang paling penting.. gratis! Ini dia:
*Tulisan ini semata-mata dibuat untuk sharing karena suka dan (at some point of my blogging history) pernah coba beberapa template ini. The Mint Suitcase tidak menerima kompensasi apa pun.* 

1. Minimal dari Themexpose

Template ini ada dua versi, dengan slider dan tanpa slider. Download disertai dengan panduan untuk meng-install dan menggunakan semua fitur yang ada sesuai demo. Template apa adanya dan tidak bisa dicustomise melalui Blogger Template Designer. 

Minimal Clean & Responve Blogger Template

2. Voux dari Themexpose

Template ini juga ada dua versi yaitu dengan slider dan tanpa slider. Download disertai dengan panduan untuk meng-install dan menggunakan semua fitur yang ada sesuai demo, serta tidak bisa dicustomise melalui Blogger Template Designer. Template ini sepertinya juga cukup populer di kalangan blogger karena skema warnanya yang netral, saya beberapa kali menjumpai blog-blog Indonesia yang menggunakan template ini.


Voux Minimal Clean & Responsive Blogger Template

3. Aurora dari Georgia Lou Studios

Yang paling saya suka dari template ini adalah desainnya yang sangat simpel dan bersih. Kalau desain header kita menggunakan warna terang atau kita suka pasang foto dan grafis berwarna-warni, template ini sesuai karena tidak akan bikin blog jadi terkesan 'heboh'. Plus, bisa customise font maupun warna dari Blogger Template Designer. Me likey! Namun untuk bisa download, kita harus subscribe dulu. Nanti link download akan dikirim ke email yang sudah kita daftarkan. 




4. Emerge dari Design Bliss Feast

Kalau suka warna pink, then this is for you! Skema warna pink dan abu-abu plus font Karla menurut saya menjadikan template ini cute banget. Template ini dilengkapi dengan auto jump break (fitur untuk meringkas tampilan artikel, yang biasanya ada ikon "Read More") dan didesain untuk menampilkan label postingan kita dalam bentuk clickable button. Sayangnya, template ini tidak bisa di-customise dari Blogger Template Designer. Untuk download template ini, kita juga harus subscribe dulu.



5. Aurora dari Maira Gallardo

Okay, namanya memang sama dengan template no. 3, tapi ini dari desainer yang berbeda. Aurora yang ini juga dibuat sebagai insentif untuk subscribe ke blog Maira Gallardo. Meskipun harus pakai effort subscribe dulu, menurut saya sangat worth it karena kita bisa customise warna menu, warna border maupun font untuk teks artikel dengan mudah dari Blogger Template Designer. (Pssst, ini juga template yang saya pakai untuk The Mint Suitcase *at least saat post ini ditulis* hehehe..)



Dengan niat mulia untuk memopulerkan desainer web tanah air, saya juga sudah coba search template hasil karya anak bangsa. Tapi sejauh ini belum ketemu yang sesuai selera. Kalau mungkin di antara teman-teman ada yang menemukan template blogger hasil karya desainer lokal, atau malah membuat sendiri template dengan kriteria yang saya sebutkan di atas, silakan share melalui komen ya.

Until next time,
C

26 comments

  1. makasih mba sharingnya, mau ah kapan2 otak atik blog. smoga bisa belajar cepet, maklum rada2 gaptek :)

    ReplyDelete
  2. Silakan dicoba mba, insya Allah gampang kok. Terima kasih kunjungannya :)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Wow! Sayang gak ada template untuk WordPress hihi. Salam kenal dari sesama pecinta (dan pengguna) template gratis minimalis! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. iya, mungkin next time saya buat post khusus untuk pengguna WordPress. Salam kenal juga mba, hidup Gratis! :D

      Delete
  5. Mba untuk apply temanya setelah didownload, langkah selanjutnya apa ya? Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba, umm.. mba Nida perlu bantuan untuk menginstall template-nya kah? Mungkin artikel ini bisa membantu: http://bloggerperempuan.com/marketplace/tutorial-instalasi-template-blogspot/

      Selamat mencoba ya mba, semoga berhasil :)

      Delete
    2. Halo mba, umm.. mba Nida perlu bantuan untuk menginstall template-nya kah? Mungkin artikel ini bisa membantu: http://bloggerperempuan.com/marketplace/tutorial-instalasi-template-blogspot/

      Selamat mencoba ya mba, semoga berhasil :)

      Delete
  6. nomor 1,2,3 udah pernah coba, dan sekarang masih betah sama template yang ada di blog aku yang ini. Tapi bookmark dulu deh, siapa tahu nanti mau coba-coba ubah template lagi :) salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ternyata kita sama-sama suka cobain template ya hehe.. Salam kenal juga mba :)

      Delete
  7. Mba Mint, ngubah warna kolom navigasi gimana ya? Sama remove kolom home yg nggak mau diem di atas, gmb caranya? Sy pake aurora jg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Virly, sudah berhasil ganti warna kah? Caranya:
      1. Dari dashboard Blogger, klik menu "Template"
      2. Klik menu "Customise" (dalam kotak warna oranye), nanti mba akan masuk ke Blogger Template Designer.
      3. Klik "Advanced" dan di situ akan ada pilihan untuk ganti warnanya.

      Mba Virly bisa pilih dari skema warna yang sudah ada atau bisa juga masukkan hex code warna yang mba mau. Semoga berhasil mba, kalau belum let me know ya, nanti saya bantu.

      Oiya, nama saya Cey, bukan Mint hihihi :D

      Delete
  8. Makasih share nya mbak, saya lagi nyoba biar warnanya bisa dirubah nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba Tian.. have fun customising ya!

      Delete
  9. waah, mba makasih banget postingannya sangat membantu. kebetulan lagi cari referensi buat ganti template. hihi


    www.zahratsabitah.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba Zahra, senang sekali postingan saya bisa membantu. selamat coba-coba template ya

      Delete
  10. Hai Cey, template blog kamu ini lucu banget. Warna ijo nya seger, dan headernya juga bagus.. Boleh dong diajari cara bikin header.. Pake picmonkeny kah? Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ifti! Aww.. makasih Mommy Moonlight. Ini headernya bikin pakai picmonkey + pixlr bermodal tutorial dari blog-blog sebelah ahaha. Mau bikin header baru kah? Let me know what I can do to help ya..

      Delete
  11. Hai Cey makasih sharingnya... Aku pake nomor 1, iya banyak ya blogger2 yang pakai..tapi ya gitu gemes ga bisa ganti font dan warnanya. Mau coba nomor 5. Makasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Dewi.. iya yang nomor 5 paling bisa diutak atik dari semuanya. have fun customising :)

      Delete
  12. Kakakku cantikkk ramein yah yah yah #mendadakngeblog besok minggu. Hehehehehe. Seru-seruan sama tema-tema baru 😁

    ReplyDelete
  13. mba, kok saya nggak bisa menambahkan kolom followers ya di blog kalau pakai template aurora?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Zahra, aurora yang no 3 atau no 5 ya?

      Delete
  14. Suka semuanyaaaa. Hehehe. Soalnya desainnya minimalis tapi manis :D Jadi pengen download dan cobain semuanya deh. Thanks ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama nurul, desain blog kamu juga lucuuu...

      Delete
    2. Hehehe, thankyou mba Cey :D

      Delete

© The Mint Suitcase
Maira Gall