Monday, December 26, 2016

Bahasa Slang à la Aussies


Kurang afdhol rasanya, tinggal di Australia tanpa belajar menggunakan kosakata yang biasa diucapkan sehari-hari oleh orang lokal. Meskipun juga menggunakan bahasa Inggris, Australia ternyata punya banyak kosakata slang yang berbeda dengan yang biasa dipakai di Amerika atau Inggris.

Apa aja sih kosakata khas yang saya temui di negeri koala? Ini dia:


1. G'day

G'day = good day. Kata ini digunakan untuk mengganti kata 'hello' . Kalau teman-teman naik maskapai Qantas, akan menjumpai video keselamatan penerbangan mereka diawali dengan sapaan G'day!
Biasanya kata ini disambungkan dengan kata berikutnya, yaitu:

2. Mate

Mate = teman. Padanan yang paling dekat dalam bahasa kita sehari-hari adalah 'bro'. Kata ini membuat obrolan menjadi lebih akrab.

Mate! How's it goin? → Woy, bro! Pa kabar lu?
Catatan: kalau untuk orang Surabaya, sepadan dengan kalimat 'C*k! Yo opo kabarmu c*k?' *evil laugh*

Suami saya sudah fasih banget menggunakan kata ini, dia menambahkan kata mate hampir di ujung semua kalimat hahahahah....
Tips gaul: Gunakan kata mate saat menyapa teman dengan huruf 'a' dipanjangkan menjadi "maaaaaaaate!"

'G'day mate!' adalah sapaan khas Australia yang akan teman-teman dengar di seluruh pelosok benua kanguru ini. Meskipun sangat populer, 'mate' atau 'g'day mate' biasanya hanya digunakan antara laki-laki.

3. Good on ya!

Kalimat yang cuma dipakai oleh orang Australia ini, artinya kira-kira 'well done!', 'good job!' atau untuk mengucapkan selamat.

A: I got promoted.
B: Good on ya!

4. "Straya", not "Australia"

Dalam percakapan sehari-hari, saya jarang menemukan orang sini menyebut kata Australia dengan baik dan benar, kecuali dalam obrolan sangat formal saat meeting dengan counterpart. Kata yang lazim digunakan adalah 'straya'. Oiya, satu lagi, orang Australia juga tidak pernah menyebut diri mereka Australian, mereka menyebut dirinya Aussie!

5. Singkatan, singkatan, singkatan lagi!

Okay, yang kelima ini bukan cuma satu kata, tapi banyak. Aussies terkenal sebagai bangsa yang suka menyingkat kata-kata (kok mirip Indonesia? :p) . Bener-bener irit suku kata gitu loh... misal:

McDonald's → Maccas, afternoon → arvo, biscuits → bikkies, barbecue → barbie, breakfast → brekkie, chocolate → choccy, chocolate biscuits → choccy bikky, service station (pom bensin) → servo.

Kalau dibuat daftar, sebetulnya masih banyak lagi kosakata slang khas aussie. Banyak diantaranya lucu-lucu dan aneh hihihi. Untuk saat ini, semoga lima di atas cukup ya, lain kali akan saya buat lagi roundup-nya.

Until next time,
C









5 comments

  1. ohhh aussie itu justru singkatan dr sana nya yaaa? aku kira itu kerjaan org2 jkt sini yg memang hobi menyingkat2 ;p.. baru tau aku mbak... ayo tulis yg lain lagi, supaya aku ga bingung2 amat kalo dgr slank nya mereka pas ke sana nanti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. orang sini memang hobi singkat menyingkat hahaha. Sipp, nantikan roundup bahasa gaul ala Aussie berikutnya :D

      Delete
  2. Singkatannya itu alay-alay deh, hahah. Eh ada juga kaum 4L4y di Aussie? Yang nulisnya gede kecil campur angka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mwahaha.. belom nemu sih kalo yang 4L4y gitu :p

      Delete
  3. Not to mention how they called a stranger "bloke" atau waktu mau bilang "pergi ke tempat jauh" jadi "going whoop whoop" hehehe

    ReplyDelete

© The Mint Suitcase
Maira Gall