Tuesday, April 25, 2017

Lukisan Abstrak: DIY project mudah yang menyenangkan

Lukisan Abstrak di Ruang Tamu

Beberapa waktu belakangan, saya punya aktivitas baru untuk mengisi waktu luang. Yaitu melukis.

Awalnya sebetulnya iseng saja, di apartemen yang kami sewa kebetulan ada beberapa hook/ kaitan yang dulu dipasang oleh si pemilik apartemen untuk menggantung foto-foto dan lukisan koleksinya. Kalau hook ini dibiarkan kosong dan tidak dimanfaatkan, jadinya mengganggu pemandangan di ruang tamu. Makanya saya dan suami berpikiran untuk cari lukisan atau wall art murah yang bisa dipajang di dinding.

Dimulailah perburuan wall art di beberapa garage sale.. ngga ada yang sesuai selera. Cari di sunday market, nemu banyak lukisan abstrak yang bagus. Tapi kok harganya luar biasa mahal ya.. yang paling murah mulai dari AU$100, itupun ukurannya kecil. Dasar kami memang bukan penggemar seni, yang ada di kepala kami waktu itu adalah 'dih, apa susahnya bikin lukisan coret-coret begini? Anak kecil juga bisa.'
Lalu suami saya bilang, "mau ngga bikin sendiri? Kamu kan suka diy-diy gitu, nanti kita beli kanvas sama cat."

Berangkat dari kepedean berlebih bahwa 'kalau lukisan abstrak, semua orang juga bisa' dan ngga mau keluar duit banyak cuma buat beli lukisan, akhirnya saya setuju untuk mebuat proyek diy lukisan abstrak ini.

Ini perlengkapan yang kami beli:
  • Kanvas ukuran 60 x 60 cm

  • 1 set cat akrilik berisi 5 warna dasar (hitam - putih - merah - biru - kuning). Saya ngga beli cat yang mahal, yang saya beli adalah cat akrilik yang biasa dipakai untuk art project anak-anak #yangpentingmurah. 

  • Kuas
Saya juga membuat Pinterest board on abstract art khusus untuk lukisan-lukisan abstrak yang saya suka dan menurut saya cukup mudah dikerjakan.

Pelajaran seni rupa jaman SMP dulu terbukti cukup bermanfaat. Paling tidak saya tahu kalau saya bisa dapat warna hijau kalau mencampur cat warna biru dan kuning. Ingin warna hijau yang lebih muda? Tambah warna putih. Ingin ungu? Campur merah dan biru. Eksperimen campur mencampur warna ini ternyata sangat menyenangkan. I went crazy mixing this with that then add this and that. Bener-bener seperti anak kecil yang excited kalau dapat mainan baru!

Harus diakui, lukisan pertama saya di atas kanvas 60 x 60 itu sangat tidak memuaskan. I mean, saya aja sebagai yang bikin merasa itu jelek banget!

So I painted it over. Hahaha.

Ini kanvas pertama saya setelah saya timpa. Sebelumnya lebih jelek lagi hahaha
Ini kanvas pertama saya setelah saya timpa. Sebelumnya lebih jelek lagi hahaha

Untungnya pakai akrilik adalah kalau kita ngga suka dengan hasil yang kita buat, timpa aja lagi sama cat baru dan mulai dari awal. Asik kan? Dan karena project ini bukan PR yang mesti dikumpulkan untuk dinilai, saya bisa bikin sesuka-suka saya. Selama saya merasa puas dengan hasilnya, terserah deh orang mau ngomong apa.

Dari satu lukisan itu, saya jadi pingin buat lagi, lagi dan lagi. Untuk proyek berikutnya, saya beli kanvas ukuran 40 x 60. Setelah kanvas kedua baru saya nyadar, kalau beli kanvas ukuran gede lagi lama-lama apartemen saya bakal penuh. Jadi saya beli canvas pad ukuran A4. Ini semacam buku gambar, tapi terbuat dari lembaran kanvas ukuran A4. Lumayan lah buat coret-coret ketika sedang pingin melukis.

Ada perasaan bangga lihat lukisan sendiri di dinding. Berasa lebih menyatu dan sesuai aja gitu dengan barang-barang yang ada di rumah hahahaha...

Tertarik untuk mencoba? Sedikit saran dari pengalaman saya yang sangat terbatas:
  1. Start small. Tidak perlu peralatan aneh macam kuda-kuda dsb. Sesuaikan dengan budget dan manfaatkan apa yang ada. 

  2. Cari inspirasi. Bisa dari mana saja. Sebagai contoh, here's my Abstract Art board on Pinterest.

  3. Tidak perlu takut salah. Yang saya suka dari lukisan abstrak adalah banyaknya kesempatan untuk si pelukis dan luasnya ruang interpretasi bagi orang-orang yang melihat. Just do what you want and what you think is good for your painting.         

Until next time,
C

2 comments

  1. Hahahaha.. Sebagai sesama bukan pecinta seni, apalagi abstrak, aku jg g ngerti kenapa lukisan begitu bisa mahal :p. Tp blm kepikiran jg utk bikin sendiri sih mba, secara aku ttp lbh milih lukisan realis drpd abstrak begitu :D. Tp kyknya memang seru ya nyoret2 , nyampurin berbagai gradasi warna :p.. Ngilangin stress

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak betul.. yang paling penting adalah ngilangin stress :p

      Delete

© The Mint Suitcase
Maira Gall