Tuesday, October 24, 2017

5 Alasan Harus Eksplor Gili Air, Tempat Wisata di Lombok yang Memukau

gili air saltinourhaircom.jpg
Gambar: saltinourhair.com
Sudah pernah ke Gili Air di Lombok?

Kalaupun belum, saya yakin sebagian besar teman-teman pernah dengar namanya.

Tapi kalau belum pernah dengar juga, supaya teman-teman tahu, Gili Air adalah salah satu dari The Three Gilis alias tiga gili terkenal yang ada di sebelah barat laut pulau Lombok, provinsi Nusa Tenggara Barat. Dua gili lainnya adalah Gili Meno dan Gili Trawangan yang sudah jauh lebih populer.

Jika berkesempatan mengunjungi Lombok, sempatkan beberapa hari untuk eksplor Gili Air. Percaya nggak kalau saya bilang sebagian besar teman-teman saya yang orang Australia pernah ke sana? Yep, that's no lie.

Ini dia lima alasan mengapa teman-teman harus pilih Gili Air sebagai destinasi berikutnya dalam daftar traveling kalian:


1. Keindahan Gili Air yang tak dapat ditampik

Sudah pasti keindahan Gili Air adalah alasan teratas mengapa teman-teman harus pilih tempat wisata satu ini. Sesuai dengan namanya Gili Air, pulau ini punya sebutan dari masyarakat lokal yaitu “Tengaq Air” yang artinya di tengah-tengah laut. Maka keindahan wisata airnya tentu tak dapat ditampik. Kalian bisa nikmati wisata pantai dengan pasir putih memukau dan bersih. Sekadar santai di pantai atau bersepeda bisa jadi semacam healing bagi kita-kita yang selama ini sudah cukup stres dengan hiruk-pikuk kota.

gili air liabilitymagazinecom.jpg
Gambar: liabilitymagazine.com

2. Keindahan wisata bahari yang sangat megah

Tak lengkap rasanya jika datang ke sebuah pulau tanpa mengeksplorasi wisata bahari alias bawah lautnya. Maka snorkeling adalah kegiatan wajib yang dilakukan saat di Gili Air. Oh ya, kalau kalian beruntung, bisa lihat beragam ikan yang lucu seperti ikan badut atau ikan nemo! Tak hanya itu, beragam jenis penyu juga terdapat di kawasan tersebut. Sedikit tips jika ingin snorkeling di sana, sebaiknya pilih penyedia jasa snorkeling yang sudah bersertifikasi, ya. Jadi, lebih aman dan nyaman.

3. Menikmati matahari terbit dan terbenam yang paling indah

Di Gili Air ini, kalian bisa lihat dan menikmati matahari terbit dan terbenam dengan sangat jelas serta indah. What perfect place to go for a honeymoon! Sebaiknya pakai sunglasses agar tidak terkena sinar matahari secara langsung ya. 

falshpackatfortycom gili air.jpg
Gambar: flashpackatforty.com

Jika tidak ingin suasana yang terlalu crowded, sebaiknya pilih waktu kunjung low season. Antara bulan April sampai dengan Agustus adalah waktu paling ramai di Gili Air, banyak turis dari Eropa yang datang kemari karena di wilayah Eropa sedang liburan musim panas. Jadi, kalau kalian ingin suasana yang lebih hening, sebaiknya pilih di luar bulan tersebut.

Baca juga : Aussie Diary - Tulip Top Gardens

4. Fasilitas kawasan wisata yang sudah lengkap

Fasilitas di Gili Air sangat lengkap! Tak perlu khawatir mengenai penginapan, hiburan dan sebagainya. Mulai dari villa, hotel berbintang ataupun bar dan restoran – semuanya mudah ditemukan di pulau ini. Ingin liburan yang ber-budget? Tenang! Disini juga ada penginapan murah meriah yang cocok buat teman-teman yang ingin pelesir hemat.

gili trawangan tommyschultzcom.jpg
Gambar: tommyschultz.com

5. Masyarakatnya dikenal sangat ramah

Satu hal yang paling disukai dari Gili Air adalah penduduk lokalnya yang sangat ramah. Pertama kali kesana juga nggak jadi masalah berarti karena teman-teman bisa tanya sama penduduk setempat mengenai arah jalan dan sebagainya. Yang penting kita berlaku sopan ya.. Selain keramahannya, penduduk disini termasuk penyedia jasa seperti jasa delman atau operator snorkeling dan petugas restoran, juga nggak ada yang berebut menawarkan jasa. Liburan jadi lebih tenang.

Jadi, kapan mau kesana? Happy exploring ya!

Until next time,
C


Baca juga : Bahasa Slang À La Aussies







No comments

Post a Comment

© The Mint Suitcase
Maira Gall